Peresmian Pembangunan Jalan Tol Cileles-Panimbang


Posted on 09 Agustus 2022


Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang seksi 3 (Cileles-Panimbang) di Pandeglang, Banten.
Dalam acara ini, turut hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Hadir juga pejabat Gubernur Banten Al Muktabar, Bos Jababeka Setyono Djuandi Darmono, Bupati Pandeglang Irna Narulita, dan sejumlah pejabat lainnya.

Adapun acara ini berlangsung di ruas jalan Sp. Labuhan-Cibaliung STA 16+500, exit Tol Panimbang, Senin (8/8/2022). Groundbreaking resmi dibuka saat sirine dibunyikan.

Dikutip dari laman Detik.com dan Situs Resmi Bdan Pengatur Jalan Tol, tampak sejumlah alat berat mulai melakukan pekerjaan. Sementara akses jalan menuju gerbang Tanjung Lesung, sebagian masih dalam proses pengerjaan. Kemudian Seksi 2 sepanjang 24,17 Km menghubungkan Rangkasbitung - Cileles, dan Seksi 3 sepanjang 33 Km menghubungkan Cileles - Panimbang.

Adapun total pembangunan Jalan Tol Serang - Panimbang adalah sepanjang 83,67 Km dan ditargetkan bisa beroperasi penuh pada 2024.

“Kami ingin pembangunan jalan tol Serang-Panimbang seksi 3 ini selesai di tahun 2024 dan pembangunan harus bagus dan berkualitas," kata Luhut.

Ia menambahkan, pembangunan jalan tol serpan seksi 3 Cileles-Panimbang selesai pada kuartal II yakni 2024, karena jalan tol serpan ini mampu memangkas jarak tempuh lebih singkat.

"Yang biasanya perjalanan Jakarta Tanjung Lesung memakan waktu sampai 5 jam, akan tetapi dengan adanya tol serpan ini jarak tempuh hanya 2,5 jam," ujarnya.

Menurut Luhut, tol Serpan ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, simpul-simpul perekonomian akan bergeliat di Banten, dan ini menjadi lembaran baru buat Provinsi Banten dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan warga Banten terutama Kabupaten Pandeglang, “ terang Luhut.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menambahkan, pembangunan tol Serpan seksi 1-3 adalah 83,67 kilometer, sedangkan untuk pembangunan jalan tol Serpan seksi 3 Cileles- Panimbang sepanjang 33 kilometer dengan total anggaran mencapai Rp 4,6 triliun.

"Diharapkan tol Serpan ini mampu mendongkrak jumlah wisatawan, sehingga semua bermuara pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Irna Narulita mengatakan, kehadiran jalan tol Serang – Panimbang merupakan harapan besar bagi masyarakat Pandeglang.

“Harapan masyarakat Pandeglang untuk memiliki jalan tol akan segera terwujud, mohon doanya," tutup Irna.

Lokasi MPP Pandeglang


Unduh Aplikasi MPP Online